Minggu, 12 Oktober 2014

Mencegah Stroke dengan Tidak Merokok

Stroke merupakan suatu gangguan fungsi syaraf akut yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak. Terjadinya secara mendadak sob, karena dalam beberapa detik dan bisa secara cepat karena dalam beberapa jam.

Mencegah Stroke dengan Tidak Merokok

Oleh sebab itu dapat diketahui timbulnya kelainan syaraf yang ada sifatnya adalah mendadak. Inilah sob ciri khas dari penyakit yang dikenla sebagai stroke. Sedangkan gejala dan tanda-tanda yang ada sesuai dengan daerah mana di otak yang terganggu. Ini artinya manifestasi klinis dari stroke tidak harus dan tidak hanya berupa hemiparesis atau hemiplegi saja, melainkan juga bisa dalam bentuk yang lain, misalnya kebutaan mendadak salah satu mata, afasi, kelumpuhan kedua tungkai dan sebagainya, sebab semua itu tergantung pada aliran darah dan otak yang terganggu.

Stroke juga dapat menyebabkan kecacatan dan kematian. Kebanyakan korbannya tidak pernah dapat pulih seperti sediakala. Serangan stroke juga sangat menambah beban ekonomi dan sosial penderita serta keluarganya. Faktor yang berperan dalam terjadinya stroke telah diketahui dan memberikan dasar bagi pencegahan yang efektif.

Faktor resiko tersebut sob;
  • Hypertensi, merupakan faktor resko yang paling penting pada stroke. Kontrol terhadap hypertensi merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencegah stroke. Beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah, tentunya setiap penderita harus diperhatian secara individual.
  • Diabetes Melitus, merupakan penyakit yang sering dijumpai bersama-sama penyakit cerebro vasculair dan merupakan faktor resiko meskipun kurang kuat dibandingkan dengan hypertensi.
  • Penyakit Jantung
  • Obesitas, 
  • Alkohol
  • Merokok
Merokok adalah hal yang banyak mengakibatkan resiko yang sangat besar terhadap kesehatan kita. Hal tersebut sudah ada di dalam bungkus setiap rokok yang dipasarkan, namun terkadang orang tidak memperhatikannya dan tetap membeli rokok tersebut, bagi sobat yang tidak merokok sebaiknya tidak mendekati otrang-orang yang merokok, karena perokok pasif lebih riskan daripada perokok aktif. 

Mencegah Stroke dengan Tidak Merokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fathimah p