Cara Menghilangkan Bekas Bekam Dikulit - About Nothing

Cara Menghilangkan Bekas Bekam Dikulit

Advertisements
Cara Menghilangkan Bekas Bekam Dikulit-Bagi anda yang sudah biasa melakukan bekam, tentu sudah hal yang biasa apabila pada tempat bekas pembekaman terjadi pelembaman di permukaan kulit dan warnanya terlihat baca : arti warna lebam pada kulit setelah bekam , terkadang merah bulat, ungu bahkan warna kehitam-hitaman. Hal ini bagi sebagian orang tidak jadi gangguan apalagi apabila bekas lebam bekam berada pada wilayah yang tertutup seperti di punggung atau dada, bekas tersebut senantiasa menghilang seiring waktu dari 2 hari hingga 7 hari lamanya, cepat atau lambatnya bekas bekam menghilang tergantung dari kondisi tubuh orang yang dibekamnya tersebut, seperti jenis kulit kering atau berminyak, tebal dan tipisnya kulit, tempat atau lokasi pembekaman di tubuh, angin yang ada ditubuh dan berdiam dibawah kulit, darahnya, cuaca dan faktor-faktor lainnya dan setiap orang dapat berbeda-beda. Satu lagi yang membuat bekam lebam bekam itu berbeda yaitu teknik bekamnya, karena bekam ada yang menggunakan tusuk jarum (lancet) atau dengan bisturi (bekam sayat), maka bekas lebam dan bekas lancet dan bekas sayatan akan berbeda hasilnya.

 

Cara Menghilangkan Bekas Bekam Dikulit


Beberapa tips cara menghilangkan bekas bekam dikulit adalah :

> Proses bekam dilakukan tidak terlalu lama pada waktu penyedotan darah, dalam hal ini bisa dilakukan teknik penyedotan darah 2 kali atau 3 kali penyedotan sampai darah kotor berhenti keluar. Pebekaman yang terlalu lama akan memberikan bekas lebam bekam yang awet dan susah hilang karena kulit berwarna ungu kehitam-hitaman.
> Setelah proses pembekaman lakukan pemijatan ringan di lokasi pembekaman dan disekitarnya, ini dimaksudkan untuk melancarkan kembali siklus darah dan angin dipermukaan kulit. dan baiknya lakukan pemijatan dengan cara melingkat berlawanan arah jarum jam se[erti arah tawaf agar tubuh cepat menjadi pulih.
> Olesi bekas bekam tersebut dengan minyak zaitun / minyak habbatussauda atau campuran keduanya, atau formula lainnya seperti minyak but-but, minyak bekam super. Jangan digaruk apabila bekas bekam terasa gatal.
> Segera tutup lokasi pembekaman dengan mengenakan pakaian, usahakan bekas bekam tersebut tidak tertutup rapat, biarkan angin/oksigen bersiklus lancar disekitar bekas pembekaman.
> Apabila memungkinkan terkena sinar matahari, jemur dibawah terik sinar matahari selama beberapa menit saja.
> Setelah melewati 2 jam pembekaman bisa dilakukan pengkompressan, karena adanya luka bekas keluar darah maka kompres dengan air hangat agar aliran darah lancar dan pengiriman leukosit dan antibiotik ke daerah luka lancar dan cepat tertutup, setelah beberapa menit lakukan kompres dengan air dingin, dan lakukan secara bergantian, bisa dilakukan 3 jam sekali sampai warna lebam hilang.
> Jangan gunakan air panas dalam mengkompress, karena akan menambah parah lebam dan bisa melepuh, gunakan air hangat kuku.
> Tambahkan sedikit garam pada air kompresan, dan gunakan handuk atau kain yang lembut untuk mengkompress.
> Apabila anda tidak bermasalah dengan bekas bekam tersebut baiknya anda biarkan hilang secara alami.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter